SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN HOTEL DI KOTA MALANG MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER OF PREFERENCE BY SIMILARY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)

  • Febiola Rizky Putra Pratama Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Technique for Order of Preference by Similary to Ideal Solutions (TOPSIS), Akomodasi khas, Penelitian, Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

Abstract

Tingkat kunjungan wisatawan di Jawa Timur khususnya Kota Malang meningkat dari waktu ke waktu. Kota Malang yang merupakan kota wisata karena memiliki beberapa daerah tujuan wisata yang memiliki daya tarik, seperti pantai yang indah, gunung api aktif, kuliner, budaya yang menarik , masyarakat yang ramah, akomodasi khas, gaya hidup, dan masih banyak yang lainnya. Banyak sekali pilihan hotel untuk pengunjung yang terdapat di Kota Malang dengan berbagai macam kelas hotel, harga sewa, fasilitas dan layanan. Berbagai fasilitas menjadi informasi yang sangat penting untuk dapat diberikan. Oleh karena itu, pengembangan sistem informasi yang dapat di akses oleh para wisatawan domestik ataupun mancanegara, menjadi hal yang sangat penting.
Penelitian yang dilakukan adalah pemilihan hotel di kota malang menggunakan metode Technique for Order of Preference by Similary to Ideal Solutions (TOPSIS). Pemilihan metode tersebut disebabkan karena metode dari sistem pendukung keputusan (SPK) yang mendasar sehingga mudah untuk dipelajari dan diterapkan pada pembuatan program.
Hasil pengujian keakuratan metode baik melaui simulasi program maupun perhitungan manual menyatakan bahwa hasil perhitungan memiliki hasil yang sama. Hasil pengujian fungsional sistem dengan akses sebagai admin dan user berjalan sesuai fungsinya pada browser.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-01