APLIKASI TATA CARA PERNIKAHAN DI GEREJA KHATOLIK BERBASIS ANDROID

  • Anjelo Pritama Rae Oy Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Pernikahan, Android, Tata cara, Gereja katolik

Abstract

Pernikahan mempunyai upaya menyatukan diri antara laki-laki dan perempuan dalam sebuah ikatan dengan membawa sistem keyakinan masing-masing. Setiap agama memiliki tata cara pernikahan yang berbeda. Dalam agama kristen katolik pemberkatan pernikahan dipimpin oleh romo atau pastur. Pemberkatan pernikahan mempunyai makna yang mendalam, baik sebagai anugrah ilahi, maupun sebagai tugas. Dalam penyelidikan kanonik harus dilakukan oleh pastur paroki yang memiliki kewenangan untuk meneguhkan perkawinan itu sendiri.
Banyak faktor yang menjadi kekurangan atau masalah yang timbul pada proses pernikahan saat ini, yaitu kurangnya pengetahuan tentang syarat pengurusan pernikahan, domisili pada tempat lain sehingga dalam pendataan surat baptis harus berdasarkan domisili calon pengantin.
Dari pengujian fungsional yang dilakukan pada empat sistem operasi yang berbeda yaitu kitkat, jellybean, marsmallow, dan lolipop, didapat kesimpulan aplikasi tata cara pernikahan di gereja khatolik berbasis android berjalan dengan baik, dengan presentasi 100%, sedangkan pengujian user yang dilakukan kepada 10 responden didapatkan hasil 31.7% mengatakan sangat baik, 41.7% mengatakan baik, 23.3% mengatakan cukup, 3.3% mengatakan kurang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-01