SISTEM PAKAR MENDETEKSI KERUSAKAN GITAR MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING BERBASIS WEB

  • Karunia Malik Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Web, Sistem Pakar, Kerusakan Gitar, Deteksi, Backward Chaining

Abstract

Gitar adalah salah satu alat musik yang banyak dimainkan di semua kalangan. Gitar terdiri dari beberapa komponen seperti neck, body, bridge, senar, tuning machines, dan fret. Alat musik gitar dibagi menjadi 2 jenis, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Seiring penggunaan alat musik gitar, sering ditemukan gangguan yang diakibatkan oleh kerusakan pada salah satu komponen, sehingga gitar tidak dapat dimainkan sebagaimana mestinya.
Salah satu alternatif penyelesaian gangguan pada gitar adalah dengan menggunakan metode inferensi runut mundur (Backward Chaining) yaitu yang memulai penalarannya dari suatu hipotesa terlebih dahulu dan untuk menguji kebenaran hipotesis tersebut harus dicari fakta-fakta yang ada dalam basis pengetahuan.
Penentuan diagnosa dalam sistem pakar ini dilakukan melalui proses konsultasi antara sistem dan pemakai. Jawaban disesuaikan dengan aturan yang berada di dalam sistem, jika jawaban yang dimasukkan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka sistem ini akan memberikan hasil diagnosa berupa informasi kerusakan. Diharapkan dengan dibuatnya Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Kerusakan Pada Gitar ini dapat memberikan hasil diagnosa, penyebab, perbaikan, terhadap suatu kerusakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-01