PENGUKURAN KUAT SINYAL DAN POSISI ANTENA-PENGARAH DI LABORATORIUM ELEKTRO BERBASIS ANDROID YANG DIANTARMUKAKAN DENGAN BLUETOOTH

  • Stevie Billy Oping Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Android, Antena Pengarah, Komunikasi

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, perkembangan aplikasi semakit pesat juga. Khususnya dalam sistem komunikasi. Pengembangan aplikasi diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan mengikuti arus perkembangan dunia teknologi. Khususnya aplikasi android saat ini banyak digunakan di banyak pengguna smartphone. Komunikasi yang masih aktif di era sekarang ini adalah komunikasi radio. Masih banyak komunitas komunikasi radio melakukan komunikasi lewat radio.
Dalam teknik komunikasi radio, antena-pengarah adalah salah satu jenis antena yang paling effisien dalam mengirimkan energi gelombang elektromagnetik untuk sasaran yang ingin dicapainya dalam menyampaikan informasi, karena sebesar mungkin energi elektromagnetik itu hanya diarahkan pada sisi depan antena.
Pengujian user untuk aplikasi pengendali posisi antenna ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada user. Pengujian ini dilakukan kepada 10 orang responden untuk memberikan penilaian terhadap aplikasi pengendali antenna dan hasil pengujian, user memberikan penilaian terhadap aplikasi dan didapatkan hasil yang cukup memuaskan dari user.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-01