PERBANDINGAN METODE WEIGHTED PRODUCT DAN PROFILE MATCHING PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI KARYAWAN BAGIAN TELLER (Studi Kasus: PT. Bank Mandiri (persero).Tbk Area Kediri)

  • Caesar Rio Indra.P Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem pendukung keputusan, Seleksi karyawan bagian teller, Metode Weighted Product dan Profile Matching

Abstract

Teller merupakan hal penting dalam perbangkan, tanpa adanya teller pelayanan terhadap masyarakat akan terhambat. Perbangkan dapat berjalan dengan baik dengan adanya teller yang mampu melayani masyarakat untuk memajukan Sumber Daya Manusia yang baik. Maka itu pemilihan calon teller harus selektif dan objektif. Sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan PT.Bank Mandiri. Untuk menghindari kecurangan pada seleksi pemilihan calon teller penulis membuat web yang mampu mengolah nilai setiap peserta dengan baik tanpa adanya kecurangan. Dengan membuat web Sistem Pendukung Keputusan, agar perankingan hasil tes lebih selktif dan objektif.
Pada penelitian ini penulis membuat system pendukung keputusan untuk membantu pihak perusahaan dalam menyeleksi pelamar khususnya di bagian teller dalam perusahaan tersebut. system pendukung keputusan dalam pemilihan karyawan bagian teller ini menggunakan metode weighted product dan profile matching untuk menyeleksi pelamar untuk meminimalisir dan mengantisipasi adanya kecurangan.
Pada tahap pengujian dari 2 metode yang menggunakan Weighted Product dan metode Profile Matching dapat berjalan 100% , Hasil dari pengujian perbandingan metode weighted product dan profile matching pada sistem pendukung keputusan seleksi karyawan bagian teller dapat berjalan 100%. Dari pengujian perbandingan metode di simpulkan bahwa metode Weighted Product lebih mudah di gunakan untuk perhitungan nilai tes calon karyawan baru di karenakan hasil perangkingan yang sama dengan hasil tes dari perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-01