SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT PADA BURUNG KENARI YORKSHIRE MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEBSITE

  • Farhan Farhan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pakar, Certainty Factor, Burung Kenari Yorkshire, Penyakit Burung Kenari, Forward Chaining

Abstract

Kenari Yorkshire merupakan burung berkicau yang cukup terkenal di malang. Selain suaranya yang dapat mengalun panjang dan menarik, burung kenari memiliki sosok tubuh kecil mungil dan warna bulu yang beranekaragam. Kenari Yorkshire yang tampak selalu sehat dan bersuara indah adalah impian bagi para pemeliharanya. Selama ini kurangnya pengetahuan jenis penyakit pada burung kenari Yorkshire dan lambatnya penangganan dikarenakan tidak mengetahui gejala-gejala yang di derita, mengakibatkan banyak burung kenari Yorkshire tidak dapat diselamatkan dan mengakibatkan kematian.
Metode yang digunakan dalam sistem pakar ini adalah metode certainty factor yang merupakan metode yang mendefiniskan ukuran kepastian terhadap sesuatu fakta aturan untuk menggambarkan tingkat keyakinan pakar terhadap masalah yang dihadapi serta infrence engine Forward Chaining untuk memberikan kesimpulan pada data. Dengan adanya sistem pakar diharapkan dapat membantu pemelihara ataupun penangkar mengetahui penyebab penyakit pada burung kenari Yorkshire dan pengobatannya..
Hasil pengujian untuk perhitungan manual menyatakan bahwa hasil perhitungan memiliki hasil yang sama dengan perhitungan sistem dan nilai presentase kecocokan 100%. Hasil pengujian fungsional sistem dengan akses admin dan user berjalan sesuai fungsinya pada browser.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-09-01