SISTEM PENJADWALAN PRAKTIKUM MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA (Studi Kasus : Teknik Informatika S-1 ITN Malang)

  • Azrul Haifan
  • Yosep Agus Pranoto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Nurlaily Vendyansyah Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Penjadwalan, Praktikum, Algoritma Genetika, Optimasi

Abstract

Proses pembuatan jadwal praktikum pada Laboratorium Teknik Informatika ITN Malang saat ini masih dilakukan secara manual dan masih menghasilkan cukup banyak kesalahan. Kesalahan yang ada pada jadwal praktikum saat ini adalah, adanya jadwal praktikum mahasiswa yang bentrok dengan jadwal kuliah, alokasi waktu praktikum yang menempati ruang yang sama pada waktu yang bersamaan, dan adanya mahasiswa yang ditempatkan pada ruang yang berbeda disatu waktu. Proses pembuatan jadwal dilakukan dengan cara mencocokan secara manual data parsial yang ada, diantaranya adalah pencocokan data jadwal kuliah mahasiswa dengan data ketersediaan ruang dan data mata kuliah praktikum

Permasalahan-permasalahan yang telah dipaparkan, dalam bidang Teknologi Informatika dapat diselesaikan menggunakan teori penjadwalan. Dengan menggunakan algoritma genetika, peneliti bermaksut untuk menciptakan sistem penjadwalan praktikum yang dapat meminimalisir kesalahan dengan cara mengolah data jadwal matakuliah, matakuliah praktikum, praktikan, dan data ruangan. Algoritma genetika diharapkan mampu menghasilkan penjadwalan dengan menghindari kesalahan sebanyak mungkin serta memangkas waktu pembuatan jadwal, sehingga jadwal praktikum yang terbentuk bisa menjadi lebih baik.

Setelah dilakukan pengujian dengan data yang didapatkan dari Prodi Teknik Informatika S-1 ITN Malang periode Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020 didapatkan hasil rata-rata bahwa sistem yang dibangun mampu menghasilkan penjadwalan praktikum dengan error sebesar 2.26 % dalam waktu 15.5 detik.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-01