ANALISA PERBANDINGAN METODE CERTAINTY FACTOR DENGAN DEMPSTER SHAFER PADA SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSIS PENYAKIT BALITA USIA KURANG DARI 5 TAHUN

  • Moh. Teguh Kalimatullah
  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Karina Auliasari Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pakar, Perbandingan Metode Certainty Factor dengan Dempster Shafer, Penyakit Balita

Abstract

Kebanyakan masyarakat yang ada dipedesaan masih sering salah menyimpulkan penyakit dan gejala yang dialami buah hatinya, biasanya pernyakit tersebut dibilang penyakit biasa saja, dikarenakan gejala awalnya hanyalah balita itu terlihat letih, gelisah dan berkeringat banyak. Sehingga terlambat dalam penanganan oleh pihak medis. Banyaknya jenis-jenis penyakit baru saat ini yang diderita balita dan kurang cepatnya penyebaran informasi penyakit kepada masyarakat, menyebabkan dinas Kesehatan memikirkan solusi bagaimana caranya agar sosialisasi penyakit dari gejala sampai cara penanganan pertamanya dapat disebarluaskan secara menyeluruh kepada masyarakat luas.

Maka dari itu dibuatlah sistem pakar untuk membantu masyarakat dalam mengurangi masalah penyakit dan gejala pada balita. Pada penelitian kali ini, sistem pakar yang dibuat untuk membandingkan metode Certainty Factor dengan Demster shafer bertujuan untuk mendefinisikan ukuran kepastian pada penyakit balita terhadap fakta atau aturan dari gejala yang dialami balita yang sedang sakit. Dan juga untuk memberikan nilai kepastian dari hasil metode, dengan adanya sistem pakar ini, diharapkan dapat membantu para pengguna atau masyarakat dalam mendiagnosis penyakit pada balita yang dialami.

Hasil Pengujian Analisa Perbandingan Metode Certainty Factor dengan Demster Shafer Pada Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Balita Usia Kurang dari 5 Tahun dapat disimpulakan bahwa pada metode Certainty Factor hasil fungsional berjalan dengan baik dengan persentase eror sebanyak 0,150605% yang telah diuji dari perhitungan excel dan sistem yang telah dibuat, pada metode Demster Shafer hasil fungsional berjalan dengan baik dengan persentase eror sebanyak 0%  didapat dari hasil perhitungan excel dengan sistem yang telah di buat. Setelah melakukkan konsultasi terhadap dokter, bahwa motede yang mendekati hasil yang sama yaitu pada metode Demster Shafer.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-18