IMPLEMENTASI METODE FUZZY TIME SERIES UNTUK PREDIKSI PENJUALAN BOX MOTOR BERBASIS WEB (STUDI KASUS : TOKO SIPIT BOX MALANG)

  • Dwi Adi Saputra
  • Yosep Agus Pranoto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Febriana Santi Wahyuni Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Prediksi, Penjualan, Fuzzy Time Series, Web

Abstract

Toko Sipit Box Malang merupakan toko yang menjual bermacam-macam asesoris dan variasi motor. Toko Sipit Box malang menyediakan box motor mulai dari box atas dan box samping, selain itu juga menyediakan braket box untuk pemasangan di berbagai jenis motor. Pada proses pendataan data penjualan toko sipit box malang masih menggunakan cara lama yaitu dengan memasukkannya ke dalam buku nota. Karena pada toko belum ada sistem yang membantu untuk memprediksi penjualan maka pemilik toko kesulitan untuk menentukan stok barang yang akan disediakan.

Pada penelitian yang dikembangkan ini peneliti menggunakan metode fuzzy time series untuk melakukan.prediksi penjualan box motor menggunakan data histori penjualan toko Sipit Box Malang. Proses yang dilakukan dalam penelitian ini adalah yang pertama mengambil data historis penjualan box motor mulai dari januari 2016 – oktober 2019, kemudian mencari jumlah interval dan Panjang interval didapat hasil 16 jumlah interval dan 1 panjang interval. Kemudian melakukan proses fuzzifikasi pada data histori. Lalu menentukan fuzzy logical relationship dan menentukan fuzzy logical relationship grup. Langkah terakhir adalah melakukan proses prediksi atau defuzzifikasi menggunakan fuzzy logical relationship grup sebagai acuan.

Hasil pengujian yang dilakukan oleh peneliti dengan menerapkan metode fuzzy time series pada sistem yang dibuat menghasilkan prediksi untuk bulan September 2019 sebanyak 13 pcs. Pada pengujian manual didapatkan hasil prediksi untuk bulan September 2019 sebanyak 12 pcs. Kemudian nilai error Dari hasil perhitungan sistem dengan hasil manual didapatkan tingkat kesalahan  sebesar 7,88% untuk prediksi penjualan box motor tipe GIVI E20.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-01