APLIKASI MONITORING DAN CONTROLLING SERVER MENGGUNAKAN PROTOCOL ICMP (INTERNET CONTROL MESSAGE PROTOCOL) DAN SSH (SECURE SHELL) BERBASIS WEBSITE

  • Redo Pratama
  • Mira Orisa Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • FX Ariwibisono Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Network monitoring, Remote Server, ICMP, SSH

Abstract

Sistem monitoring server sangat dibutuhkan bagi seorang administrator. Sebab memastika setiap server dalam kondisi yang baik merupakan tugas utama dari administrator, karena sifat server yang harus dalam kondisi online atau hidup setiap Sistem monitoring yang saat ini digunakan ialah dengan cara mengecek setiap server yang dikelolanya. Dengan cara tersebut maka administrator dapat mengetahui kondisi fisik serta keadaan server dalam keadaan up atau down.

                Dengan menggunakan protocoi ICMP (Internet Control Message Protocol) untuk menjalankan fitur monitoring server secara real time, serta menggunakan protocol SSH (Secure Shell) untuk melakukan kontrol server dan juga melakukan transfer file ke server. Dalam Aplikasi monitoring dan kontrol server yang diterapkan dan diuji cobakan dalam sebuah jaringan lokal di Laboratorium Jaringan Komputer Tektnik Informatika S-1 ITN Malang.

                Kegiatan monitoring dapat dilakukan melalui aplikasi ini adalah memantau kondisi real time dari server yang dikelola dalam kondisi up atau down serta, apabila server dalam keadaan down maka administrator akan memperoleh sebuah notifikasi. Fitur kontrol server yang dapat dilakukan dalam aplikasi ini ialah mematikan atau menjalankan ulang server, mengolah service yang bejalan diserver, serta fitur untuk melakukan pengiriman file kesebuah server.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-01