SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PEGAWAI KANTOR DESA BAKUNG KABUPATEN BLITAR MENGGUNAKAN METODE FUZZY AHP

  • uyun rosada
  • Yosep Agus Pranoto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Febriana Santi Wahyuni Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy AHP

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh pegawai kantor desa masih belum mampu menyaring calon pegawai dengan tepat dan cepat. Masing – masing calon mempunyai kekurangan dan kelebihan sehingga perbandingan nya sangat tipis. Perbedaan penilaian yang tipis inilah yang membuat panitia kurang tepat dalam menyaring peserta untuk ikut ke tahap tes berikutnya. Selain itu, penilaian panitia terhadap peserta dinilai oleh masyarakat masih bersifat subjektif dan kurang transparan.

Pada penelitian ini menggunakan metode Fuzzy AHP untuk membangun sistem pendukung keputusan untuk menentukan penerimaan pegawai kantor Desa Bakung di Kabupaten Blitar. Kriteria yang digunakan untuk membangun sistem pendukung keputusan ini berupa data kriteria pendidikan, pendidikan non formal, keikutsertaan organisasi, peran di masyarakat, pengalaman kerja dan kemampuan mengoperasika komputer yang didapatkan dari panitia penyelenggara seleksi pegawai Kantor Desa. Hasil dari perhitungan metode Fuzzy AHP akan menghasilkan sebuah nilai perangkingan yang digunakan untuk menentukan pegawai yang diterima di Kantor Desa.

Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, peneliti menggunakan 23 data peserta yang mengikuti sleeksi penerimaan pegawai baru. Terdapat 6 kriteria yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendidikan terakhir, pendidikan non formal, organisasai, peran dlam masyarakat, pengalaman kerja, dan kemampuan dalam mengoperasikan komputer. Hasil dari penelitian yang dilakukan menghasilkan perangkingan dan diperoleh nilai bobot akhir alternatif tertinnggii sebesar 0.23, yang berarti alternatif tersebut menjadi rekomendasi diterimanya sebagai pegawai kantor Desa Bakung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-01