SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BIDANG MINAT MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

  • Desi Indyastuti
  • Joseph Dedy Irawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Renaldi Primaswara Prasetya
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting, Minat Siswa

Abstract

Lembaga Pendidikan Indonesia merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan kemajuan suatu bangsa, karena dengan adanya pendidikan dapat mengembangkan berbagai potensi yang ada dalam diri seseorang. Pada Penelitian ini bertujuan untuk menentukan minat siswa yang ada pada SMA Sejahtera Prigen . Saat ini masih banyak siswa yang merasa bimbang dalam menentukan program studi di perguruan tinggi.

Dengan adanya  penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam memilih program studi yang sesuai dengan minatnya. Dalam menentukan minat siswa maka diperlukannya tes minat bakat/ Rothwell Miller Interest Blank(RMIB). Dengan dilakukannya tes minat bakat, ini dapat membantu menemukan minat dasar yang dimilki oleh siswa dan siswa dapat mengetahui bidang apa yang minatinya untuk menentukan program studi diperguruan tinggi.

 Dari tes minat bakat tersebut jika hasil minat tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan akan berpengaruh terhadap masa depan siswa. Dari hasil test minat diSMA Sejahtera Prigen dan dihitung dengan menggunakan excel hasil perangkingan dengan metode simple additive weighting  disimpulkan bahwa dari 23 siswa yang paling diminati dialtenatif  Out/Outdoor.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-01