SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT DEMAM BERDARAH MENGGUNAKAN METODE CASE BASED REASONING BERBASIS WEB

  • Haryo Bimo Wijayanto
  • Joseph Dedy Irawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ahmad Faisol Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Pakar, Case Based Reasoning, Demam Berdarah

Abstract

Penyebab utama semakin meningkatnya tingkat meninggal dunia akibat terlambat dalam penanganan penyakit demam berdarah. Penyakit demam berdarah menyerang manusia dengan cara menyebarkan virus dari nyamuk. Jenis penyakit demam berdarah yaitu demam dengue dan demam berdarah dengue. Untuk mengetahui bahwa pasien terkena Demam Berdarah dibutuhkan pemeriksaan laboratorium yang dilakukan oleh dokter. Karena dengan melihat suhu badan dan trombosit dapat diketahui apakah pasien sedang terkena demam berdarah. Gejala fisik yang dialami oleh pasien terkadang berbeda karena tiap seseorang memiliki daya tubuh yang berbeda.

Sistem pakar dibuat untuk menangani pencegahan dalam penanganan penyakit demam berdarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah case based reasoning . Dengan metode ini dapat membandingkan antara kasus lama dan kasus baru. Dalam perhitungan ini menggunakan perbandingan dengan menggunakan rumus similarity. 

Hasil dari metode case based reasoning diperoleh perbandingan antara perhitungan manual dan  menggunakan sistem tingkat akurasi yang dihasilkan adalah 100%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-18