SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAERAH PERIKANAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN PASURUAN

  • Tedi Andika Saputra Sugiarto
  • Hani Zulfia Zahro’ Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Yosep Agus Pranoto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Perikanan dan Peternakan, Kabupaten Pasuruan, Sistem Informasi Geografis

Abstract

Informasi data komoditas sekarang ini masih disajikan dalam bentuk laporan statistik setiap tahunnya di setiap-setiap Kecamatan. Dalam penelitian ini pada wilayah Kabupaten Pasuruan. Untuk saat ini Dinas perikanan dan peternakan Kabupaten Pasuruan masih mengalami kesulitan memantau perikanan dan peternakan di Kabupaten Pasuruan karena luasnya wilayah dan belum ada sistem yang dapat membantu pendataan hasil panen perikanan dan peternakan.

Sistem yang dibangun yaitu sebuah sistem informasi geografis perikanan dan peternakan Kabupaten Pasuruan peta pada sistem ini dibuat menggunakan ArcGis 10.3 dan menggunakan Qgis dalam hal ini dengan adanya teknologi informasi ini langkah kedepannya akan lebih mempermudah untuk melihat informasi daerah perikanan dan peternakan yang sudah ada maupun yang belum ada di kecamatan tersebut.

Hasil pengujian dari penelitian yang telah dibangun yaitu Sistem Informasi Geografis Daerah Perikanan Dan Peternakan Kabupaten Pasuruan berbasis website menyatakan bahwa hasil dari program yang telah dibuat memiliki hasil yang sesuai, hal itu dibuktikan dari hasil pengujian black-box yaitu pengujian terhadap cara kerja program dan pengujian fungsional sistem dengan akses sebagai admin, user sesuai dengan fungsinya pada browser. Pada tahap pengujian aplikasi website menggunakan beberapa browser yaitu Google Chrome, Mozila Firefox dan Microsoft Edge Semua fungsi dari sistem berjalan sesuai dengan yang di inginkan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-01