PENGENALAN TANAMAN OBAT FAMILY ZINGIBERACEAE DAN MANFAATNYA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

  • Oky Nigel Fernandarisky
  • Ali Mahmudi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Hani Zulfia Zahro' Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Augmented Reality, Tanaman Obat, Zingiberaceae, Android

Abstract

Tanaman obat adalah tumbuhan yang banyak diketahui memiliki banyak manfaat dalam menyembuhkan atau mencegah penyakit. Tanaman obat biasanya di gunakan dalam pengobatan tradisional. Namun seiring dengan pekembangan jaman tanaman obat sering ditinggalkan. Minimnya informasi di masyarakat akan manfaat tanaman obat membuat sebagian orang lebih memilih untuk menggunakan obat kimia atau modern.  Untuk saat ini mempelajari tanaman obat hanya dapat dilakukan melalui sebuah buku dan gambar yang terdapat pada buku-buku tentang tanaman obat tersebut masih disajikan dalam bentuk 2D.

Permasalahan tersebut menjadi latar belakang dilakukannya pengembangan dan pembuatan aplikasi Augmented Reality berbasis Android yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan bentuk tanaman obat dalam bentuk objek 3D. Aplikasi ini dibangun menggunakan software Unity 2018 3.9f1 dengan menggunakan marker yang memanfaatkan Vuforia, dan objek 3D dibangun menggunakan software 3Ds Max. Data yang digunakan berdasarkan family zingiberaceae diambil dari buku Herbal Indonesia Berkhasiat Bukti Ilmiah, dan Cara Racik Vol 10 Penerbit Trubus.

Berdasarkan hasil pengujian user, menunjukkan nilai kepuasan sebanyak 77,2% dengan kriteria baik. Berdasarkan pengujian fungsi didapatkan hasil bahwa marker dapat terdeteksi dengan rentang jarak 10cm – 40 cm.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-01