RANCANG BANGUN SISTEM MANAJEMEN USER AAA (AUTHENTICATION, AUTHORIZATION, ACCOUNTING) DAN MONITORING JARINGAN HOTSPOT BERBASIS WEB

  • Achmad Fauzi
  • Joseph Dedy Irawan Teknik Informatika ITN Malang
  • Nurlaily Vendyansyah Teknik Informatika ITN Malang
Keywords: server radius, wireless, hotspot, AAA, Bandwidth, Web

Abstract

Pada saat ini pengolahan terhadap koneksi jaringan komputer sudah sangat diperlukan . Dengan pengelohan suatu sistem pada jaringan komputer akan memberikan kemudahan bagi administrator untuk lebih efisien dalam mengolah jaringan. Pada saat ini pengolahan  terhadap user pada laboratorium teknik informatika itn malang yang terkoneksi jaringan wireless yang ter-integrasi dengan server radius eksternal belum diterapkan, terutama untuk pengolahan penambahan user , pengolahan kecepatan bandwidth user , limitasi waktu user terkoneksi , dan kemudian aktifitas memantau user .

Sistem Manajemen User dan Monitoring Jaringan Hotspot Pada Server Radius terdapat 3 bagian . Bagian pertama Authentication dimana user sebelum memasuki jaringan yang akan di akses akan memasukkan username dan password. Bagian kedua Authorize proses ini setelah terjadinya authentication, ketika user memasukkan username dan password yang sesuai, maka user dapat mengakses jaringan tersebut proses ini yang dinamakan authorize. Bagian Ketiga Accounting proses ini dimana administrator dapat mengolah user, dalam hal mengolah bandwidth maupun limit waktu user .

Dari Hasil dari pengujian sistem menunjukkan bahwa fungsi dari manajemen user layanan hotspot, monitoring user layanan hotspot, dan monitoring router mikrotik dapat berjalan sesuai dengan fungsinya, sistem dapat membuat user baru, alokasi bandwidth setiap user, monitoring aktifitas user. Sehingga dapat membantu administrator jaringan dalam mengolah jaringan komputer, terutama dalam pengolahan data user dalam layanan hotspot .

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-18