PENGENALAN TOOLS KESELAMATAN KERJA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

  • Suandi Suandi
  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Karina Auliasari Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: tools keselamatan kerja, augmented reality, android

Abstract

Kecelakaan kerja merupakan suatu kejadian yang sering sekali terjadi di tempat kerja. Kecelakaan kerja bisa menyebabkan pekerja mengalami luka-luka bahkan meninggal dunia. Masalah kecelakaan kerja di Indonesia masih tergolong tinggi. Menurut Bpjs Ketenagakerjaan (2019) terjadi kecenderungan kecelakaan kerja. Pada tahun 2016 terdapat 105.182 kasus kecelakaan kerja, tahun 2017 terdapat 123.041 kasus dan tahun 2018 terdapat 173.105 kasus.

Di era teknologi saat ini sudah hadir teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang dapat menggabungkan dunia maya dan nyata secara real time dan diproyeksikan menggunakan elektronik. Teknologi Augmented Reality (AR) dimanfaatkan dalam pembuatan aplikasi pengenalan tools keselamatan kerja menggunakan metode marker based tracking. Marker merupakan image target untuk mengenali dan menampilkan objek serta informasi yang terdapat didalam objek.

Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi pengenalan tools keselamatan kerja. Tujuan pembuatan aplikasi ini yaitu untuk membantu para pekerja lebih mengetahui tools keselamatan kerja apa saja yang dibutuhkan saat bekerja sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan kerja di Indonesia. Aplikasi pengenalan tools keselamatan kerja bisa menampilkan objek 3D alat keselamatan kerja dan rambu-rambu keselamatan kerja serta penjelasannya menggunakan audio dan narasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-18