APLIKASI PENGENALAN BUAH-BUAHAN UNTUK ANAK USIA DINI DALAM 3 BAHASA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

  • Muhammad Anshor Taufikurrahman
  • Hani Zulfia Zahro’ Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Android, Augmented reality, Buah-buahan

Abstract

Teknologi pada masa kini telah berkembang sangat pesat, contoh teknologi yang paling pesat berkembang setiap tahunnya yaitu Smartphone, namun dibalik kecanggihannya smartphone juga memiliki dampak negatif, khususnya bagi anak yang di usia 3-5 tahun yang mulai mengenal teknologi smartphone, yang dimana anak hanya menggunakan smartphone hanya untuk bermain game saja, yang dapat mengakibatkan anak malas belajar dan pengetahuan mereka berkurang.

Augmented Reality adalah teknologi yang dapat menggabungkan antara dunia maya dan dunia nyata yang kemudian diproyeksikan menggunakan kamera secara real time. Dengan memanfaatkan teknologi AR untuk membuat aplikasi pengenalan buah-buahan untuk anak usia dini dalam 3 bahasa menggunakan Augmented Reality berbasis android, Teknologi Augmented Reality ini dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan kemudian akan di tampilkan ke dunia nyata dengan bantuan perlengkapan seperti webcam, computer dan Smartphone.

Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi pengenalan buah-buahan untuk anak usia dini dalam 3 bahasa menggunakan Augmented Reality berbasis android, dengan tujuan untuk menambah pengetahuan anak dalam mengenal nama buah dalam 3 bahasa ingris, arab, dan Indonesia. Aplikasi berjalan dengan baik pada smartphone dengan minimal RAM 2 Gb, Aplikasi juga dilengkapi dengan button audio yang berfungsi dengan baik dari nama masing-masing nama buah, yang akan memudahkan anak dalam cara pengucapannya, dan marker yang apabila terdeteksi akan menampilkan buah dalam 3D pada layer smartphone.

Kata Kunci : Android, Augmented Reality, Buah-buahan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-18