PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS DATA TRANSAKSI PENJUALAN PADA TOKO BERBASIS WEB (STUDI KASUS KALIBARU MART MALANG)

  • Muchamad Ghofur
  • Yosep Agus Pranoto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • F.X Ariwibisono Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Media interaktif, Adobe flash, Media Pembelajaran Matematika

Abstract

Toko Kalibaru Mart merupakan toko sembako (sembilan bahan pokok) yang menjual berbagai barang kebutuhan masyarakat secara umum. Tanpa sembako masyarakat bisa saja terganggu karena sembako merupakan kebutuhan pokok utama. Dalam proses penempatan suatu barang pada toko Kalibaru Mart masih dilakukan secara manual oleh pemilik toko. Banyaknya toko sembako yang lebih modern membuat usaha kecil milik pribadi mulai ditinggalkan oleh konsumennya.

Pada penelitian yang dikembangkan ini peneliti menggunakan algoritma apriori untuk melakukan analisis terhadap transaksi penjualan pada toko Kalibaru Mart yang bertujuan untuk mengetahui suatu pola kecenderungan seorang konsumen dalam membeli suatu barang yang memilik keterkaitan dalam berbelanja. Proses yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mencari suatu kombinasi 2-itemset dan 3-itemset dari 1-itemset yang telah dinyatakan lolos dari minimum support. Setelah didapatkan pola frekuensi tinggi dari kombinasi 2-itemset dan 3-itemset dibentuklah suatu aturan asosiatif dari nilai minimum confidence yang telah di tentukan.

Hasil dari pengujian yang dilakukan oleh peneliti dengan menerapkan algoritma apriori pada sistem yang dibuat menghasilkan aturan asosiatif sebanyak 2 pola pada kombinasi 2-itemset dengan nilai minimum support 40% dan minimum confidence 30% pada pengujian 10 data transaksi penjualan pada toko Kalibaru Mart.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-01