AUGMENTED REALITY SENYAWA KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA SMA BERBASIS ANDROID

  • Agung Sugih Prasetiyo
  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Mira Orisa Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Media Pembelajaran, Senyawa Kimia, Augmented Reality, Android

Abstract

Pembelajaran ilmu kimia di dunia pendidikan merupakan aspek yang sangat penting untuk dipelajari, pada umumnya pembelajaran kimia dilakukan melalui buku dan penyampaian oleh guru. Metode tersebut kurang efektif dan efisien dalam menumbuhkan minat belajar siswa, terutama pada pelajaran kimia yang memerlukan tingkat pemahaman yang tinggi. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu metode yang menjadi inovasi di bidang teknologi dalam meningkatkan minat belajar kimia siswa SMA.

Salah satu metode yang dapat dikembangkan adalah media pembelajaran  Augmented Reality yang berbasis Android. Augmented Reality adalah objek tiga dimensi yang bersifat maya dengan menggabungkan objek tiga dimensi yang bersifat nyata secara realtime. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran senyawa kimia, diharapkan dapat menambah minat belajar siswa serta membantu siswa dalam memahami serta memvisualisasikan bentuk dari senyawa kimia yang digambarkan secara 3 dimensi.

Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah aplikasi Augmented Reality Senyawa Kimia berbasis Android dapat digunakan sebagai media pembelajaran siswa SMA. Marker yang digunakan dapat terdeteksi dengan baik pada kemiringan 0° – 60°, rentang jarak 20 cm - 40 cm serta pada intensitas cahaya lebih dari 23,6 lux.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-01