PENERAPAN LOGIKA FUZZY UNTUK PENGENDALIAN KUALITAS UDARA PADA RUANGAN SMOKING AREA DENGAN MIKROKONTROLER

  • Rommy Zohara Shoma
  • Sidik Noertjahjono Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Joseph Dedy Irawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: suhu, asap rokok, fuzzy, web

Abstract

Indonesia merupakan negara berkembang yang memilik konsumsi rokok yang cukup tinggi oleh penduduknya, sekitar kurang lebih 29% dari penduduk merupakan seorang perokok aktif. Berdasarkan fakta yang sudah disebutkan sebelumnya, maka cukup banyak asap yang akan bermunculan. Tak terlepas pada ruangan terbuka, smoking area sudah pasti akan menjadi tempat yang banyak mengandung asap rokok. Sebagai contoh perkembangan teknologi piranti piranti digital seperti mikrokontroler. Pemanfaatan mikrokontroler akan banyak membawa dampak pada kemudahan dan efektivitas kerja. Sebagai contoh rancang bangun sistem pengendalian kualitas udara pada smoking room akan sangat bermanfaat untuk memerbaiki kualitas udara pada suatu smoking room.

Studi ini mengajukan perancangan simulasi sistem kontrol suhu danĀ  dan asap beserta implementasinya berupa prototype sistem pengendalian kualitas udara pada smoking room menggunakan mikrokontroller arduino. Sistem pengendalian kualitas udara pada smoking room ini dilengkapi dengan kemampuan pengatur kecepatan kipas yang sudah diprogram pada mikrokontroler berdasarkan kaidah logika fuzzy yang diterapkan.

Penelitian ini menghasilkan prototype sistem pengendalian kualitas udara pada smoking room yang dilengkapi dengan fitur informasi kondisi udara pada ruangan yang ditampilkan pada suatu web, Sistem ini bekerja dengan menggunakan beberapa perangkat keras diantaranya: Arduino, Sensor Suhu, Sensor asap, driver motor juga kipas

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-01