ANALISIS PERBANDINGAN METODE AHP DAN TOPSIS PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MENU MAKANAN UNTUK ANAK PASCA OPERASI HISPHRUNG BERBASIS WEB

  • Vingki Indrayani Maulidina
  • Mira Orisa Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • FX. Ariwibisono Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Analytical Hierarchy Program (AHP), Technique for Order by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS), Hisphrung

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari makanan merupakan kebutuhan yang sangat penting. Pada zaman saat ini banyak sekali berbagai jenis menu makanan beredar. Dengan banyaknya jenis makanan kita harus pandai memilih makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Pola makan yang tidak benar dapat mendatangkan penyakit bagi tubuh kita. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah membuat aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan orang tua anak penderita penyakit Hisphrung untuk memilih menu makanan yang tepat dengan memperhatikan kandungan makanan yang baik dikonsumsi ataupun tidak.

Adapun luaran yang diharapkan dalam penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem pendukung keputusan yang di gunakan untuk pemilihan menu makanan bagi anak pasca operasi Hisphrung dan memberikan inovasi baru tentang sistem pendukung keputusan untuk pemilihan menu makanan bagi anak pasca operasi Hisphrung. Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut adalah metode Analytical Hierarchy Program (AHP) dan Technique for Order by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Dari hasil pengujian yang di lakukan terhadap tiap-tiap fungsional sistem dengan akses sebagai user berjalan 100 %. Berdasarkan hasil pengujian kuisioner di dapat hasil presentase 70% yang menyatakan baik, sehingga dapat di simpulkan bahwa metode AHP dan TOPSIS dapat di terapkan untuk menentukan rekomendasi menu makanan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-01