KLASIFIKASI PENENTUAN PENERIMA BANTUAN PANGAN NON TUNAI MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING

  • Sulton Ghousi Pratama
  • Ali Mahudi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sentot Achmadi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Pemerintah Desa Rembun, Bantuan Pangan Non Tunai, K Means Clustering, Visual Basic 2008

Abstract

Proses penentuan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Pemerintah Desa Rembun belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi dalam menentukan penerima bantuan. Proses penentuan penerima BPNT saat ini masih dilakukan secara manual. Sehingga membutuhkan waktu yang lama dan memiliki kemungkinan terjadi kesalahan saat menentukan penerima BPNT.

           Sistem yang dibuat menerapkan metode K-Means Clustering untuk proses penentuan penerima BPNT. Sehingga dapat membantu memudahkan petugas dalam menentukan penerima BPNT dan dapat mempersingkat waktu dalam pengolahan data. Kriteria yang digunakan pada sistem ini terdapat 9 kriteria yaitu pekerjaan, jenis atap rumah, jenis dinding rumah, jenis lantai rumah, sumber penerangan utama, sumber air minum, bahan bakar memasak tempat mck, dan status kepemilikan rumah. Sistem ini dirancang menggunakan Visual Basic 2008 dengan Microsoft SQL Server Sebagai databasenya.

          Hasil pengujian menunjukkan bahwa beberapa fungsi yang terdapat dalam sistem dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem penentuan  penerima bantuan pangan non tunai menggunakan metode Clustering K-Means menghasilkan data yang layak mendapatkan bantuan sesuai kriteria yang telah ditentukan.. Sehingga, sistem ini diharapkan dapat membantu dalam menentukan penerima bantuan pangan non tunai secara cepat dan akurat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-01