PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KAMPUS 2 ITN MALANG ( STUDI KASUS TEKNIK INFORMATIKA )

  • Arbiansyah Rizki Tri Harnanda
  • Yosep Agus pranoto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • F.X Ariwibisono Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: ITN Malang, Penerapan Augmented Reality, Android, Informatika ITN Malang

Abstract

ABSTRAK

 

Brosur adalah sebuah media poromosi yang dapat menyampaikan sebuah informasi yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada calon konsumen untuk mengetahui kelebihan jasa dan produk yang ditawarkan dalam bentuk selembaran kertas. Dengan adanya brosur di harapkan calon konsumen dapat mengetahui produk yg di tawarkan dan dapat menarik perhatian dari calon konsumen.

                    Augmented Reality adalah sebuah teknologi yang menggabungkan antara objek maya seperti objek 2D atau 3D ke dalam dunia nyata dengan bantuan kamera dari smartphone secara Real time. Teknologi pada Augmented Reality jika di terapkan ke dalam media brosur akan  menjadikan sebuah sarana promosi baru yang lebih interaktif serta inovatif untuk menarik minat calon mahasiswa baru.

Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Teknik informatika Kampus 2 ITN, fitur yang ada di aplikasi ini dapat di jalankan semuanya dengan baik tanpa ada kendala / bag. selanjutnya aplikasi ini juga dapat menampilkan sebuah objek gedung 3D serta juga dapat menampilkan sebuah video dan dapat berjalan dengan lancar dengan spesifikasi smart phone Ram di atas 4GB, Selanjutnya aplikasi ini juga dapat menscan marker dengan jarak ideal antara 10 cm hingga 20 cm. Dan aplikasi ini juga dapat menscan marker dengan intensitas cahaya antara 14 lux hingga 162 lux serta aplikasi ini dapat menscan marker dengan sudut kemiringan 90° hingga 30°.

Kata Kunci : ITN Malang, Penerapan Augmented Reality, Android, Informatika ITN Malang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-01