PENERAPAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNI1UE UNTUK MENENTUKAN REGU PRAMUKA TERBAIK BERBASIS WEB PADA SMAN 2 KOTA MOJOKERTO

  • M. Pandu Rantaka Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Hani Zulfia Zahro Teknik Informatika – ITN Malang
  • Ahmad Faisol Teknik Informatika – ITN Malang
Keywords: sistem pendukung keputusan, Simple Multi Attribute Rating Techique, SMART, Pramuka

Abstract

SMAN 2 Kota Mojokerto memiliki masalah pada bidang pemilihan anggota regu pramuka yang akan mengikuti lomba, dengan banyaknya siswa kelas 10 dan minmalnya tenaga pengajar, guru pembimbing dan pembina pramuka SMAN 2 Kota Mojokerto kesulitan untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemilihan anggota regu terbaik untuk lomba.

Dari permasalahan tersebut peneliti mengembangkan sistem pendukung keputusan menentukan untuk regu pramuka terbaik SMAN 2 Kota Mojokerto menggunakan metode SMART ( SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE ). Proses metode SMART ini dilakukan untuk menentukan kriteria, bobot kriteria dan alternatife untuk melakukan pengolahan data dan perangkingan.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil dalam memberikan keputusan untuk pembantu pembina pramuka dan guru pembimbing dan untuk membantu pembina pramuka dan guru pembimbing dalam hal memberikan referensi keputusan yang di ambil untuk pemilihan regu pramuka terbaik, dan memiliki presentase dari kuisioner 20% sangat baik, 38,5% baik, 14,28% cukup.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-18