PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGHASILKAN POLA PENJUALAN PRODUK BANGUNAN

  • Rizky Sena Yudha
  • Karina Auliasari Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Renaldi Primaswara Prasetya Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Apriori, Toko Bangunan, Layouting

Abstract

Layouting produk barang yang baik pada suatu toko dapat meningkatkan angka penjualan. Hal ini
penting dikarenakan dalam beberapa kasus, pelanggan sering meresahkan penempatan barang yang tidak efektif
sehingga minat pelanggan yang seharusnya pelanggan bisa membeli barang lebih banyak akan terkendala
dengan tidak terstrukturnya manajemen layouting produk.
Sistem pencarian Pola Pembelian Produk Bangunan berbasis Web dengam menerapkan Algoritma
Apriori ini akan menjadi solusi untuk para pemilik toko bangunan untuk menemukan kombinasi barang yang
terjual, sehingga hasil dari kombinasi tersebut dapat dijadikan sebagai acuan untuk menyusun layout produk
yang di pajang. Sistem ini akan di sematkan pada setiap komputer yang ada di toko bangunan, hal ini bertujuan
agar data transaksi yang masuk langsung terintegrasi satu sama lain sehingga data hasil transaksi yang ada dapat
segera di analisis oleh pihak pemilik atau manajer toko.
Hasil pengujian sistem Sistem pencarian Pola Pembelian Produk Bangunan berbasis Web dengan
menerapkan Algoritma Apriori, akan menghasilkan output kombinasi barang dimana jika nilai minimum
confidence yang di masukan semakin tinggi maka hasil kombinasi barang yang keluar akan semakin valid dan
jika nilai dari minimum support semakin tinggi maka seleksi kombinasi tiap itemset akan semakin spesifik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-18