APLIKASI PENCARIAN TEMPAT WISATA MENGGUNAKAN METODE LOCATION BASED SERVICE PADA WILAYAH KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN BERBASIS ANDROID

  • Nopriyanus Vaktry Yanto Rinaldi Bani
  • Ahmad Faisol Faisol Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • F. X Ariwibisono Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Media interaktif, Adobe flash, Media Pembelajaran Matematika

Abstract

Dalam  pengembangan wisataan di kabupaten TTS  masih sangat minim, pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh pihak pengelola masih terlihat belum optimal dibandingkan dengan pengembangan wisataan di daerah lainnya, selama ini jika ingin mengunjungi tempat pariwisata yang belum kita tahu tempatnya, pasti kita akan bertanya pada orang lain atau pun browsing di internet untuk mengetahui tempat tujuan kita. ini memang membantu, namun terkadang informasi yang kita dapat bisa saja keliru, atau bisa saja kita tersesat karna memilih jalan yang salah menuju ke tempata tujuan pariwisata yang akan di tujuh. Oleh karena itu, hal ini akan sangat menghambat ataupun menyusahkan dan membuang waktu dalam perjalnan menuju tempat pariwisata yang telah di pilih pada kab TTS.

Dalam Pembuatan aplikasi ini, menggunakan Android Studio versi 3.4.1 dan menggunakan metode location based service yang digunakan untuk fungsi navigasi ke Lokasi wisata pada kabupaten Timor Tengah Selatan yang ditampilkan dalam peta berupa penanda titik lokasi. sehingga data koordinat  fasilitas dari setiapa wisata yang ada sudah dimasukan informasi lengkap.

Berdasarkan hasil dari perancangan dan implementasi dari aplikasi pencarian tempat wisata menggunakan metode locaation based service pada kabupaten Timor Tengah Selatan berbasis android maka dari pengujian fungsional yang dilakukan pada 3 sistem operasi yang berbeda yaitu Nouget, pie, oreo didapat kesimpulan fungsi location based service berjalan dengan baik. 

Kata kunci :  Timor Tengah Selatan, Wisata, Location Based service, Android, Google Maps

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-19