IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN HURUF HIJAIYAH ALQURAN BERBASIS ANDROID

  • Billah Aktafi
  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Abdul Wahid Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Pengenalan Huruf Hijaiyah, Augmented Reality, Android

Abstract

Indonesia ialah salah satu negara dengan islam terbesar di dunia salah satu kewajiban umat islam ialah membaca Al-Quran, membaca  Al-Quran sejak usia dini merupakan pembelajaran awal yang baik bagi setiap anak dengan mengenalkan huruf HijaIyah adalah salah satunya untuk pembelajaran awal  namun sebagian anak-anak usia 4 sampai 7 tahun lebih memilih dan asyik dengan smartphone mereka ketimbang dengan belajar membaca Al-Quran.

Dengan demikian anak-anak sangat sulit sekali membedakan huruf-huruf hijaiyah contoh seperti ت  dengan ن dan lain sebagainya oleh sebab itu di era teknologi  tentunya semua orang sudah akrab dengan teknologi 3dimensi (3D), sekarang hadir sebuah teknologi baru yang di sebut Augmented Reality(AR) yakni teknologi bisa mengabungkan dunia nyata dengan dunia maya yang di proyeksikan melalui prangkat elektronik.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, belajar maupun mencari informasi tidaklah sulit dilakukan. Telah banyak cara yang dilakukan oleh peneliti terdahulu untuk membuat  media pembelajaran menumbuhkan minat belajar mengenai huruf hijaiyah. salah satunya mengguakan Augmented Reality(AR) ini dengan memaduka huruf HijaIyah yang di proyeksikan 3dimensi untuk mengenal perbedaan yang terdapat pada huruf dengan aplikasi edukasi interaktif berbasis android  di dalam aplikasi ini terdapat juga suara untuk membantu anak anak memahami perbedaan huruf Hijaiyah dalam makhrijul hurufnya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-19