PERBANDINGAN METODE NAÏVE BAYES DAN NETWORK BAYESIAN UNTUK DIAGNOSIS PENYAKIT SKIZOFRENIA BERBASIS WEB

  • Moch Nurul Furqon
  • Ahmad Faisol Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Febrianan Santi Wahyuni Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang

Abstract

Hayunanto Medical Center merupakan klinik yang memberikan pelayanan medis kepada masyarakat umum. Sistem pelayananyang ada di Hayunanto Medical Center masih dilakukan secara manual dalam pencatatan pasien yang ingin konsultasi.Sehingga masih memiliki berbagai kekurangan dan kendala yang dihadapi. Kendala yang dihadapi yaitu sulitnya mendata banyak pasien yang konsultasisetiap hari, proses pendataan yang banyak mengakibatkan pegawai harus kerja extra ketika pasien yang ingin konsultasi banyak , peramalan diagnosis yang kurang akuratkarena dikerjakan secara manualbelum adanya sistem pendukung untuk mempermudah mendiagnosis suatu pasien. Kondisi Pasien yang tidak menentu seiring berubah-ubahnya gejala pasien, mengakibatkan kesulitan untuk menentukan penyakit pasien.

Prediksi adalah suatu proses memperkirakan tentang sesuatu yang mungkin terjadi di masa depan berdasarkan informasi dari masa lalu, agar kesalahannya dapat diperkecil. Prediksi tidak harus memberikan jawaban secara pasti atau benar untuk kejadian yang akan terjadi, melainkan berusaha untuk mencari jawaban semirip mungkin yang akan terjadi. Naive Bayes adalah sebuah metode untuk melakukan prediksi terhadap pasien berdasarkan data pasien yang ada sebelumnya.

Berdasarkan implmentasi dan pengujian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. Hasil pengujian fungsional halaman website yang dilakukan pada 3 browser, yaitu MozillaFirefox, InternetExplorer dan GoogleChrome halaman website berhasil berjalan dengan baik sehingga dapat dinyatakan bahwa website bisa berjalan baik di ke-3 web browser .Hasil pengujian keakuratan metode menggunkan25 data traning dan 5 data testing diperoleh hasil nilai akurasi 100% dan nilai error sebesar 0 %

 

Kata kunci :  Naive Bayes, Diagnosis, Gejala, Pasien, Skizofrenia

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-19