Penerapan Metode Fuzzy Time Series Untuk Prediksi Penjualan Berbasis Web Pada Cv.AGVA Kota Pasuruan

  • Andrian Irfie Hamdani
  • Yosep Agus Pranoto T. Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Nurlaily Vendyansyah

Abstract

Cv.AGVA kota pasuruan  merupakan toko yang menjual bermacam-macam alat drumband. Cv.AGVA menyediakan alat drumband mulai dari senar drum HTS, senar drum, marching bell, bass, terompet, dan lain-lain Pada proses pendataan data penjualan Cv.AGVA kota pasuruan masih menggunakan cara lama yaitu dengan memasukkannya ke dalam buku nota. Karena pada toko belum ada sistem yang membantu untuk memprediksi penjualan maka pemilik toko kesulitan untuk menentukan stok barang yang akan disediakan.

Pada penelitian yang dikembangkan ini peneliti menggunakan metode fuzzy time series untuk melakukan.prediksi penjualan alat drumband menggunakan data histori penjualan Cv.AGVA kota pasuruan. Proses yang dilakukan dalam penelitian ini adalah yang pertama mengambil data historis penjualan marching bell mulai dari januari 2016 – desember 2018, kemudian mencari jumlah interval dan Panjang interval didapat hasil 33 jumlah interval dan 1 panjang interval. Kemudian melakukan proses fuzzifikasi pada data histori. Lalu menentukan fuzzy logical relationship dan menentukan fuzzy logical relationship grup. Langkah terakhir adalah melakukan proses prediksi atau defuzzifikasi menggunakan fuzzy logical relationship grup sebagai acuan.

Hasil perhitungan akurasi keakuratan metode Fuzzy Time Series berdasarkan data penjualan dari bulan Januari 2016 sampai Desember 2018. Baik melalui simulasi program dan manual. Nilai akurasi keakuratan sebesar berapa 2,28%. Serta aplikasi menyediakan informasi tentang hasil penjualan setiap barang. Dengan adanya aplikasi diharapkan pengguna dapat meminimalisir penumpukan stok barang setiap bulannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-19