MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 4 MENGGUNAKAN ADOBE FLASH

  • Choiron Rosadi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Joseph Dedy Irawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Suryo Adhi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Media interaktif, Adobe flash, Media Pembelajaran Matematika

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini, generasi muda di tuntut untuk terus berinovasi termasuk pendidikan. Selain pendidikan yang terus berinovasi dalam metode belajar mengajar, siswa juga di tuntut untuk mandiri dalam memahami materi pelajaran. Namun, banyak siswa yang merasa kesulitan untuk memahami materi pembelajaran khususnya materi matematika.

Banyak metode yang telah dikembangkan untuk proses belajar mengajar sambil bermain. Salah satunya adalah memanfaatkan media interaktif sebagai media edukasi pembelajaran. Dengan menggabungkan materi dan visulaisasi yang menarik, sehingga dapat membantu proses pemahaman siswa dalam memahami materi pembelajaran khususnya matematika. Metode seperti ini juga bisa meningkatkan motivasi dan keinginan siswa untuk belajar. Pada pembuatan media interaktif di sini penulis menerapkan metode observasi dan wawancara. Metode observasi adalah metode yang digunakan pengamatan secara langsung di lapangan.sedangkan metode wawancara adalah metode yang di gunakan untuk tanya jawab ke siswa berupa soal.

Oleh sebab itu penulis membuat media pembelajaran interaktif matematika menggunakan Adobe Flash dengan tujuan untuk memudahkan proses belajar mengajar, dan untuk menarik minat belajar siswa khususnya siswa kelas 4 SD. Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran matematika kelas 4 sekolah dasar menggunakan adobe flash cs6 dan media pembelajaran tersebut berbasis desktop.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-19