RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN ZONA RUANG RAWAN BENCANA KOTA PALU BERBASIS WEB

  • Nyongpati Rahmat Tuasikal Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ahmad Faisol Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Nurlaily Vendyansyah Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang

Abstract

Kota Palu merupakan salah satu daerah di wilayah provinsi Sulawesi Tengah yang masuk kategori sangat rawan terjadi bencana seperti gerakan tanah, likuifaksi, sempadan sesar, tsunami dan banjir. Kasus yang paling parah terjadi pada dua tahun silam tepatnya 28 September 2018 dengan terjadinya gempa bumi diikuti dengan tsunami dan likuifaksi tanah. Kurangnya informasi kepada masyarakat untuk membangun bangunan yang sesuai dengan standar SNI.

Pemetaan zona ruang rawan bencana berbasis Sistem Informasi Geografis dibuat menggunakan software QGIS3 untuk pembuatan peta. pembuatan website menggunakan softaware Visual Studio Code, Database menggunakan MySQL, untuk visualisasi wilayah menggunakan geoJSON dan visualisasi peta menggunakan Leaflet. Pemetaan yang akan dibangun untuk sistem informasi geografis yaitu pemetaan zona ruang rawan bencana meliputi data delapan kecamatan dengan zona pengembangan, zona bersyarat, zona terbatas, zona terlarang dan titik-titik bencana. Titik bencana dalam penelitian ini meliputi bencana Gerakan tanah (G), Liquifaksi (L), Sempadan sesar (S), Tsunami (T) dan Banjir (B).

Hasil dari pemetaan zona ruang rawan bencana berbasis web menampilkan peta jenis - jenis bencana dan kategori zona ruang rawan bencana dengan empat klasifikasi yaitu zona terlarang, zona terbatas, zona bersyarat dan zona pengembangan. Dengan adanya website sistem informasi zona ruang rawan bencana akan sangat memudahkan informasi untuk pembangunan bangunan sesuai standar SNIĀ  pada Kota Palu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-20