Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran mengenai Peralatan Konstruksi dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android

  • Rizha Firdanu Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sentot Achmadi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Alat konstruksi, Augmented Reality, Vuforia, Android, Unity, media pembelajaran alat konstruksi

Abstract

Pembangunan di bidang konstruksi  saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini tidak lepas dari tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap infrastruktur yang semakin maju. Untuk menunjang pembangunan di bidang konstruksi dibutuhkan bermacam-macam alat berat. Pengembangan media pembelajaran mengenai peralatan konstruksi tentu sangat dibutuhkan sehingga pengenalan peralatan konstruksi dapat disajikan dalam bentuk yang lebih atraktif. Media pembelajaran berupa pengenalan peralatan konstruksi saat ini telah memungkinkan untuk di buat dalam bentuk aplikasi yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR).

Augmented Reality adalah teknologi yang dapat menggabungkan dunia maya dan nyata yang diproyeksikan menggunakan alat elektronik secara real time. Dengan memanfaatkan teknologi AR untuk membuat aplikasi pengenalan alat konstruksi menggunakan metode marker based tracking. Marker sendiri adalah image target  untuk mengenali objek dan informasi.

Hasil penelitian ini berupa aplikasi pengenalan alat konstruksi, yang bertujuan sebagai media untuk meningkatkan minat belajar siswa. Marker yang terdeteksi akan menampilkan objek(alat konstruksi) yang dilengkapi dengan informasi dalam bentuk text dan audio. Objek pada aplikasi pengenalan alat konstruksi berjumlah 33 objek dan telah dilakukan pengujian user atau kuisoner kepada 10 orang responden dan 5 orang dari anak smk dan mendaptkan hasil penilaian 62 poin baik dan 12 point cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-20