PEMETAAN DAERAH PERKEBUNAN BERDASARKAN LUAS DAN JUMLAH PRODUKSI DI KALIMANTAN TENGAH BERBASIS WEB

  • Ikhsan Ma'rif Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ahmad Faisol Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Nurlaily Vendyansyah Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Informasi Geografis, Komoditas Perkebunan,Pemetaan, Kalimantan Tengah,Website

Abstract

Di Kalimantan Tengah yang memliki ibu kota di Palangkaraya yang memiliki kekayaan alam dibidang perkebunan yang mana memiliki luas 153.564,60 km yang tentunya di manfaatkan oleh masyarakat yang berada di Kalimantan Tengah untuk melakukan kegiatan pada bidang perkebunan. Kelapa Sawit merupakan produk unggulan di Kalimantan Tengah yang pada tahun produktivitasnya kelapa sawit mencapai 4,09 ton per ha dengah jumlah tenaga kerja sebanyak 762.573 orang. Dilihat dari luasnya perkebunan di Kalimantan Tengah masyarakat masih banyak yang belum mengetahui informasi berapa luas dan jumlah produksi yang terdapat di Kalimantan tengah.
Dengan permasalahan itu tulisan ini dibuat untuk membahas tentang informasi luas dan jumlah produksi dari komoditas perkebunan di Kalimantan Tengah yang tersebar di 13 kabupaten dan 1 kota antara lain Palangkaraya, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Kapuas, Gunung Mas, Barito Timur, Barito Utara, Barito Selatan, Katingan, Seruyan, Sukamara, Pulang Pisau, Lamandau, dan Murung Raya. Dan terdapat 12 komoditas antara lain kelapa sawit, karet, kelapa, aren, cengkeh, jambu mete, kakao, kapuk randu, kemiri, kopi, lada, dan pinang. Manfaat dari sistem informasi geografis berbasis web ini adalah untuk pemetaan perkebunan berdasarkan luas dan jumlah produksi di Kalimantan Tengah.
Hasil pengujian Fungsional sudah berjalan sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Hasil pengujian fungsional pada website menunjukan hasil 100% sesuai dengan desain. Hasil pengujian fungsional pada mobile menunjukan hasil 100% sesuai dibuktikan dengan tata letak tampilan yang sesuai dengan desain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-19