ANALISIS PERBANDINGAN METODE TOPSIS DAN SAW DALAM PENENTUAN PRIORITAS PERBAIKAN JALAN DI KABUPATEN REMBANG

  • Ahmad Alfian Fauzi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Hani Zulfia Zahro' Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Renaldi Prismaswara Prasetya Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Media Interaktif, Adobe Flash, Media Pembelajaran Matematika

Abstract

Infrastruktur jalan memiliki peranan penting dalam meningkatkan sosial ekonomi pada suatu wilayah. Apabila terdapat kerusakan akan sangat menganggu aktifitas masyarakat baik segi ekonomi, saat ini salah satu kendala yang sering dihadapi Pemerintah Daerah ialah banyaknya jalan yang rusak dan sulit menentukan jalan mana yang diperbaiki karena keterbatasan dana. Sehingga diperlukan sebuah sistem yang dapat mendukung dan mempermudah dalam proses pemilihan untuk meningkatkan kualitas keputusan dalam menentukan perbaikan jalan.

Penelitian ini menggunakan data jalan di Kabupaten Rembang. Data tersebut meliputi data kondisi jalan, lalu lintas harian, persentase kerusakan secara keseluruhan. Data yang digunakan diambil website dari Dinas Kabupaten Rembang. Data tersebut akan diproses menggunakan dua buah metode yaitu metode Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dan metode Simple Additive Weighting (SAW) yang tujuannya untuk dianalisis sehingga dapat ditentukan metode mana yang lebih relevan untuk diimplementasikan pada kasus pemilihan prioritas perbaikan jalan.

Berdasarkan hasil perbandingan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai pada masing-masing variabel perbandingan yang dilakukan diantaranya jumlah proses, lamanya waktu eksekusi dan hasil pengukuran uji sensitifitas menunjukkan selisih yang terpaut cukup jauh yait 5.95% untuk metode SAW dan 0.038% untuk metode TOPSIS. Meskipun secara umum kedua metode tersebut relatif sama-sama relevan, namun dalam beberapa kondisi khusus tertentu metode SAW dinilai relatif lebih relevan untuk diimplementasikan pada kasus ini dibandingkan dengan metode TOPSIS.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-09