PENERAPAN IoT (Internet of Thing) TERHADAP SISTEM PENDETEKSI KESUBURAN TANAH PADA LAHAN PERKEBUNAN

  • Lazro Eko Putra Daniel Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ali Mahmudin Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Karina Auliasari Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sensor pH, Alat Pendeteksi Kesuburan Tanah, ESP8266, Jenis Tanaman, Internet Of Things

Abstract

Pada sektor pertanian tanah merupakan faktor yang berperan sangat penting dalam menentukan usaha pertanian. Dalam penelitian terkait untuk mengetahui kelayakan suatu daerah pertanian atau jenis tanaman pertanian dapat dilakukan dengan mengadakan sebuah penilaian kelayakan atau cocok tidaknya suatu daerah dengan tanaman yang bisa tumbuh atau hidup di daerah tersebut. Metode yang digunakan dalam perancangan perangkat lunak ini adalah metode waterfall.

Untuk itulah akan dikembangkan alat pendeteksi kesuburan tanah yang dapat menampilkan keadaan secara visual pada fitur monitoring dan dapat dikendalikan secara efisien dengan media wireless lewat website. Disamping itu dengan ditambahkannya sensor pH untuk mendeteksi suatu kadar pH tanah agar dapat membantu para petani atau sesorang menentukan tumbuhan apa yang sangat cocok untuk tanah tersebut.

Pengembangan sytem monitoring kedalam system operasi windows berplatform website dengan bantuan modul ESP8266 untuk mempermudahkan penggunaan dalam memantau dan memperoleh data kadar kelembapan dan kadar pH secara efisien, Sistem monitoring online pendeteksi kelembapan tanah yang sederhana dan efisien ini menggunakan mikrokontroler Arduino Uno sebagai pengendali utama, Sensor kelembapan sebagai pendeteksi tingkat kelembapan suatu tanah, Sensor pH sebagai pengukur kandungan kadar pH dalam suatu tanah. Mikrokontroler akan memerintahkan Sensor kelembapan dan sensor pH untuk mendeteksi kandungan kadar dalam tanah, Apa bila data dari kedua sensor sudah di dapatkan maka data tersebuat akan masuk kedalam Website dengan meleaui module ESP8266 sebagai koneksi arduino dengam Website, kemudian dari daa tersebut akan menampilakan berupa grafik serta akan menampilkan rekomendasi jenis tanaman yang sesuai dengan kandungan tanah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-19