PENGELOMPOKAN PENDERITA PENYAKIT COVID- 19 MENGGUNAKAN METODE K-MEANS (STUDI KASUS JAWA TIMUR

  • Akhmad Fajrul Mujab Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ali Mahmudi Teknik Informatika,Institut Teknologi Nasional Malang
  • Nurlaily Vendyansyah Teknik Informatika,Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: covid-19,kmeans custering,website,pengelompokan,jawa timur

Abstract

Informasi penderita covid-19 pada pemerintah provinsi jawa timur dapat dilihat di website resmi yaitu http://infocovid19.jatimprov.go.id/. Mungkin sebagian dari masyarakat di Indonesia kurang memahami tentang pengelompokan kota mana saja yang terjangkit penyakit covid-19 karena pada website hanya ditampilkan peta dan warna wilayah yang terjangkit saja dan sedikit sulit dipahami oleh masyarakat awam untuk melihat hasil dari setiap daerah yang terjangkit penyakit covid-19 khususnya didaerah provinsi jawa timur.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan maka perlu dibuat suatu sistem yang dibuat menerapkan metode K-Means Clustering untuk proses pengelompokan jumlah pasien penderita covid-19 dan berbasis website. Penelitian ini menggunakan data covid-19 yang diambil dari data website pemerintah provinsi jawa timur pada tanggal 10 juni 2020, yang kemudian dilakukan perhitungan dengan metode k-means. Kriteria yang digunakan pada sistem ini kriteria penderita covid-19 ini dikelompokkan menjadi 4 yaitu orang dalam pantauan (odp),pasien dalam pengawasan (pdp),orang tanpa gejala (otg) dan positif. Pada sistem ini ada dua pengguna yaitu admin dan user, untuk admin bisa melakukan update data untuk perhitungan kmeans sedangkan user hanya bisa melihat hasil perhitungan yang dilakukan oleh admin . Penelitian menunjukkan bahwa data pasien covid-19 tanpa perhitungan metode dengan data yang dilakukan perhitungan metode  kmeans memliki keakuratan 55%

 Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengelompokan penderita penyakit covid-19 menggunakan metode k-means menghasilkan data rangking yang cukup  sesuai pengelompokan yang telah ditentukan.Sehingga, sistem ini diharapkan dapat membantu masyarakat dan pemerintah daerah untuk lebih mempersiapkan diri  dalam menghadapi pandemi seperti sekarang ini sehingga dapat membantu memudahkan masyarakat pada umumnya untuk mengetahui hasil dari setiap kota yang terjangkit covid-19 dan lebih waspada dan selalu menjaga kebersihan dan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-09