SISTEM AUTENTIFIKASI HOSTPOT MENGGUNAKAN LDAP SERVER

  • Fianda Farabi Phasa Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Joseph Dedy Irawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Server , Ubuntu , LDAP , Radius , Hotspot

Abstract

Jaman sekarang keamanan pada sistem jaringan komputer sudah sangat berkembang pesat, selain itu juga jaringan berbasis wireless sudah sering sekali kita temukan, jaringan tersebut juga harus dikombinasikan dengan keamanan yang baik. Pada saat ini pembuatan kemanan jaringan menggunakan Wireless sudah banyak ditemukan di sekitar kita tetapi dalam situasi dan kondisi pengamanan jaringan wireless yang banyak digunakan saat ini seringkali dapat dikatakan masih belum aman. Pasalnya, keamanan yang saat ini sering sekali kita temui yaitu seperti WPA, dan WPA2. hal ini masih dapat dikategorikan tidak aman dikarenakan keamanan yang banyak digunakan saat ini masih dikategorikan mudah dalam upaya pembobolan. Untuk itu diperlukan keamanan yang mumpuni dan mudah dalam proses manajemen user.

Maka dari itu penulis berencana mengembangkan keamanan jaringan menggunakan sistem authentikasi menggunakan LDAP server. Digunakan sistem authentikasi dinilai lebih aman, dikarenakan setiap pengguna akan dilakukan pengecekan identitas pada proses login ke dalam sebuah sistem jaringan. LDAP digunakan sebagai protocol direktori servis, dimana semua data user akan disimpan didalam LDAP sehingga akan lebih mempermudah dalam proses management user.. Pembuatan server menggunakan Ubuntu 14.04 (LDAP) dan Ubuntu 12.04 (Radius), dalam pembuatan server ini kedepannya akan lebih memudahkan untuk pengamanan jaringan pada user akun pengguna.

Karena itu, authentikasi menggunakan LDAP menjadi pilihan penulis untuk mengatasi masalah keamanan dan manajemen user pada jaringan komputer karena dinilai lebih mudah, aman dan efisien dalam hal keamanan dan pengelolaan user dalam sebuah jaringan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-14