PREDIKSI PENJUALAN BIBIT IKAN AIR TAWAR PADA IBAT PANDAAN MENGGUNAKAN METODE TREND MOMENT

  • Miftachul Ilmi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ali Mahmudi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Yosep Agus Pranoto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang

Abstract

Pandaan merupakan salah satu kecamatan dalam wilayah Kabupaten Pasuruan. Letaknya sangat strategis, berada di tengah-tengah jalur Surabaya-Malang dengan akses menuju tempat pariwisata yang banyak. Sehingga banyak rumah makan menyajikan ikan bakar dan ayam bakar sebagai menu utama yang disajikan. Menu ikan bakar (khususnya ikan gurame dan ikan nila) menjadi sangat populer dikalangan para wisatawan yang datang ke pandaan, tercatat penjualan pada Ibat pandaan tahun 2015 menunjukkan bahwa total penjualan ikan konsumsi mencapai 4.460 ekor (DKP:2015). Diantaranya penjualan ikan gurame mencapai 464 ekor dan ikanĀ  nila 486 ekor.

Sistem yang akan dibangun yaitu sebuah sistem prediksi penjualan bibit ikan air tawar pada Instalasi Budidaya Bibit Ikan Air Tawar pandaan, aplikasi ini dibuat berbasis website dengan hasil pengujian fungsional yang dilakukan menggunakan 3 browser yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox dan UC Browser memiliki hasil sesuai harapan.

Penerapan dari hasil prediksi penjualan yang dilakukan menunjukan bahwa hasil prediksi menggunakan metode Trend Moment menghasilkan angka penjualan bibit ikan untuk tahun berikutnya, data tersebut didapat dari proses pencarian nilai trend dengan tingkat kesalahan sistem mencapai 19%, hal ini disebabkan oleh tingginya angka penambahan data baru melebihi angka penjualan tahun lalu hingga 50%. Oleh karena itu perlu penambahan metode untuk mendapatkan data prediksi yang lebih akurat karena hasil prediksi menggunakan metode trend momend masih diatas 10%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-19