IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE SEBAGAI KONTROL UNTUK NON PLAYER CHARACTER PADA GAME “LASTRI AND THE LAST TREE”

  • Fikriadi Sakrani Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Febriana Santi wahyuni Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Finite State Machine, Hutan, NPC, game Adventure, kecerdasan buatan, Unity 3D

Abstract

Pada saat ini game merupakan sarana hiburan yang paling diminati oleh setiap kalangan,mulai dari anak – anak, remaja, maupun orang dewasa. Game tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan saja,  beberapa pesan atau pelajaran bisa didapatkan dari bermain game, seperti bagaimana perjuangan suatu karakter yang tidak pernah menyerah menghadapi rintangan atau musuh – musuhnya demi mencapai tujuannya, melatih kemampuan berfikir dalam mengambil keputusan dalam situasi yang sulit, serta dapat mengasah kereatifitas.

Dalam perancangan game ini, penulis menggunakan game engine Unity3D dengan bahasa pemrograman C#. Dalam pembuatan game ini menerapkan metode kecerdasan buatan Finite State Machine yang menggunakan menentukan aksi dengan jarak player ke musuh. FSM memiliki prinsip kerja yang terdiri dari tiga hal berikut : State (Keadaan), Event (Kejadian), Action (Aksi) sehingga digunakan sebagai metode pada game.

Dari pengujian yang telah dilakukan hasil dari kecerdasan buatan FSM (Finite State Machine) pada game Adventure “Lastri And The Last Tree” ini karakter NPC (Non Playable Character) dapat mendeteksi keberadaan player untuk menentukan aksi serangan dari musuh, fungsi dari setiap tombol control player berjalan dengan sangat baik. AI menggunakan FSM  (Finite State Machine) didapat hasil yang sesuai, seperti musuh dapat bergerak dengan otomatis sesuai dengan kecederdassan buatan yang diterapkan, dan mendapatkan timbal balik yang cukup baik dari para pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-14