SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENERAPAN HEATMAP DAN PEMETAAN PADA LOKASI PENDERITA HIV/AIDS DI KABUPATEN MALANG BERBASIS ANDROID

  • Aldi Setyawan Dwi Ramadhan Fajri Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ahmad Faisol teknik informatika, institut teknologi nasional Malang
  • Renaldi Primaswara Prasetya teknik informatika, institut teknologi nasional Malang

Abstract

Sistem informasi geografis saat ini sudah berkembang sangat pesat seiring dengan berkembangnya jaman. Dan sekarang sistem informasi geografis sendiri sudah sangat berfariasi dengan berbagai model dan yang sekarang terlihat kebanyakan sistem informasi geografis ini berbasis web. Untuk itu diperlukan inovasi terbaru yaitu sistem informasi geografis berbasis mobile web. Agar lebih efisien dan efektif.

Pada pembuatan sistem informasi geografis penerapan heatmap dan pemetaan pada lokasi penderita hiv/aids di kabupaten malang berbasis android ini dikembangkan dengan peta yang dibuat secara manual dengan arcgis dan di terapkan Heatmap lalu di konfersikan ke web. Setelah itu peta di koneksikan dengan android dengan menggunakan webview ini lebih efisien karena tidak perlu lagi membuka web sistem informasi geografis karena sudah berbasis android.

Selain itu Heatmap yang diterapkan pada peta juga sangat membantu karena heatmap ini menampilkan informasi penderita HIV/AIDS di kabupaten Malang berdasarkan warna yaitu hijau (status aman), kuning (waspada), merah (bahaya) cara kerja heatmap inipun berdasarkan tingkat penderita HIV/AIDS jka sanngat banyak penderita maka akan berwarna merah dan jika sedikit penderita atau tidak ada maka akan berwarna hijau. Sehingga ini sangat membantu sekali dan mudah dipahami.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-09