RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK POTENSI TERNAK PADA KAB.PASURUAN BERBASIS WEB

  • Dhiky Wardany Yacub Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Hani Zulfia Zahro’ Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Nurlaily Vendyansyah Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Sistem Informasi Geografis, Pemetaan, Potensi Ternak, Kab.Pasuruan, website

Abstract

Kab.Pasuruan merupakan salah satu daerah di wilayah provinsi Jawa Timur dengan tingat komoditas perternakan yang begitu pesat, Adapun potensi ternak yang bisa dijumpai diantaranya sapi potong, sapi perah, kerbau, kuda, kambing, domba, ayam buras, ayam petelur, ayam pedaging, itik, angsa, puyuh, kelinci, anjing. dengan tingkat produksi daging yang sering dijumpai pada Kab.Pasuruan diantaranya sapi, kambing, domba, ayam pedaging, ayam petelur, ayam buras, itik, susu, dan telur. Di Kab.Pasuruan juga terdapat budidaya japung, sawah tambak, mina padi, tambak sebagai mata pencaharian bagi sejumlah masyarakat yang ada pada Kab.Pasuruan. Dengan melihat hal tersebut jumlah besarnya usaha ternak menjadikan Pasuruan sebagai penghasil ternak terbaik, akan tetapi masyarakat kurang mendapatkan informasi terkait wilayah-wilayah dengan tingkat populasi ternak maupun produksi ternak yang semakin meningkat, dan juga para pengusaha ternak yang mengelola perternakan mereka tidak bisa mengalokasikan dan mengkontribusi hasil ternak mereka dengan baik dan benar.

Melihat situasi pada Kab.Pasuruan dengan tingkat populasi, produksi maupun budidaya yang semangkin meningkat maka dari itu dibutuhkannya sistem informasi geografis untuk pemetaan potensi ternak pada Kab.Pasuruan guna untuk membantu pencarian data atau potensi ternak pada suatu wilayah dengan tingkat potensi ternak yang tinggi.

Hasil dari pemetaan potensi ternak pada Kab.Pasuruan ini berupa tampilan website yang didalamnya terdapat peta Kab.Pasuruan beserta atribut peta kecamatan. Pada peta kecamatan yang sudah di digitasikan melalui quantum gis dan di export ke website menghasilkan peta Kab.Pasuruan dan atribut tiap kecamatan. Adapun dengan pencarian melalui beberapa fungsi pencarian diantara lain pencarian populasi ternak, produksi ternak dan juga budidaya yang menghasilkan data dari tiap-tiap komoditas dari tiap-tiap atribut pencarian. Hasil yang terakhir adalah dengan implementasi dan pengujian pada sistem yang telah dibuat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-09