PENERAPAN METODE LEAST SQUARE UNTUK PREDIKSI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA DONI SPORT MALANG

  • Ahmad Ridwan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ahmad Faisol Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Febriana Santi Wahyuni Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Least Square, data mining, prediksi penjualan

Abstract

Dalam penjualan tentunya diperlukan pendataan untuk mengontrol pendapatan pertahunnya, dan pendataan yang ada saat ini masih dilakukan secara manual, sehingga akan menghabiskan waktu yang cukup lama, dan informasi mengenai stok dan penjualannya pun mengalami tumpang tindih, sehingga kesulitan untuk mencarinya, dan  pemilik toko juga pun tidak mengetahui pendapatan bulan ini lebih meningkat atau menurun. Prediksi ini bertujuan untuk mengetahui jumlah barang yang akan disediakan pada bulan selanjutnya pada Doni Sport Malang yang bertempat di Jalan Sawahan, ngijo, Karangploso, Malang.

Dari permasalahan tersebut, digunakanlah metode Least Square untuk prediksi penjualan pada Doni Sport Malang dengan masa periode setiap bulan dari tahun 2017 sampai 2019. Metode peramalan (forecasting) kuadrat terkecil atau yang biasa disebut sebagai metode least square adalah metode peramalan yang menggunakan persamaan linear untuk menemukan garis paling sesuai untuk kumpulan data lampau guna meramalkan data di masa depan. (Noegroho Boedijoewono, 2007:231).

Berdasarkan pengujian Black Box fungsional sitem dapat berjalan sesuai desain perancangan, dan berdasarkan pengujian data penjulan sepatu Adidas Predator pada januari-desember 2017 mendapatkan hasil 145unit dan memiliki selisih 20unit dari data asli januari 2018

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-18