RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING POLUSI UDARA PADA BUDIDAYA TANAMAN SAYUR HIDROPONIK

  • Nurul Halizah Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Hani Zulfia Zahro' Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Deddy Rudhistiar Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Polusi udara, Tanaman hidroponik, Monitoring, IoT

Abstract

Polusi udara telah menjadi masalah yang sangat serius dan mempengaruhi tumbuhan (Bhushan,2018). Polutan menyebabkan kerusakan pada kutikula, kemudian memasuki daun melalui stomata (Bhushan,2018). Tanaman sayuran bisa saja mengalami kerusakan setelah terpapar oleh konsentrasi yang lebih tinggi dari berbagai polutan di udara (Gupta,2018). Untuk itu peneliti menggagas alat untuk mendeteksi polusi udara yang terdapat pada tempat penanaman sayur hisroponik, serta sistem monitoring agar bisa dipantau dari jarak jauh oleh pengguna.

Penelitian ini merupakan sistim monitoring polusi udara pada tanaman sayur hidroponik berbasis microcontroller Arduino. Metode atau model yang digunakan dalam pengerjaan penelitian ini adalah model waterfall karena harus terstruktur mulai dari proses pertama sampai proses terakhir secara berurutan. Kebutuhan produk pada peneliatian ini mencakup microcontroller Arduino, Sensor MQ-2, Sensor MQ-7, ESP8266, Fan DC 12 V, Led, Buzzer, dan Relay.

Hasil penelitian ini adalah produk berupa alat pendeteksi gas, asap dan Co dengan sistem monitoring. Selain mendeteksi, prosuk yang dibuat memiliki bentuk antisipasi berupa penetralisir udara. Pada website yang dibuat memiliki fitur monitoring untuk melihat data terbaru hasil deteksi sensor, fitur riwayat dapat melihat data – data terdahulu, serta grafik untuk mengetahui tingkat deteksi sensor berdasarkan waktu. Berdasarkan pengujian terhadap sensor dan fitur pada website monitoring polusi udara adalah seluruhnya berjalan dan bekerja dengan baik. Berdasarkan pengujian terhadap pengguna diketahui telah sesuai dengan kebutuhan. Sehingga pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa alat serta website yang dibuat telah bekerja dengan baik dan telah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-28