SISTEM INFORMASI BURSA KERJA DENGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN TOPSIS (Technique For Order Preference By Similarity Of Ideal Solution)

  • Khisan Ihza Wahyu Rifaldi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sentot Achmadi Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Joseph Dedy Irawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: sistem pendukung keputusan, topsis, lowongan, bursa kerja

Abstract

Masalah utama pada mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan tinggi masih ada beberapa alumni yang belum mendapatkan pekerjaan di karenakan informasi yang didapatkan sedikit dan kurang informatif. Sehingga pusat karir Institut Teknologi Nasional Malang membantu alumni mahasiswa untuk mendapatkan informasi lowongan dengan cara memposting lowongan pekerjaan berupa gambar atau pranala di media sosial. Namun cara tersebut terbilang tidak efektif, dikarenakan mahasiswa harus mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya secara manual.

Aplikasi yang akan dibangun pada penelitian ini yaitu sistem informasi bursa kerja dengan sistem pendukung keputusan menggunakan metode topsis berbasis website yang dapat dijadikan sarana penyebaran dan pengaksesan informasi lowongan pekerjaan. Metode topsis dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi informasi lowongan kerja yang sesuai dengan kriteria dari alumni mahasiswa, sehingga dapat mempermudah proses pencarian informasi.

Pengujian fungsional pada sistem ini dapat berjalan 100% dalam hal tampilan dan fungsi pada 3 web browser yaitu Chromium, Firefox, Microsoft Edge serta dari hasil pengujian aplikasi pada 25 pengguna didapatkan bahwa, 7 menyatakan sistem mudah untuk digunakan, 5 menyatakan desain aplikasi (user interface) sudah menarik atau sesuai dan 8 menyatakan fungsi pada sistem berjalan dengan baik dan sesuai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-28