PENERAPAN IoT (Internet of Things) DALAM PEMBUATAN TEMPAT SAMPAH PINTAR UNTUK RUMAH KOS

  • Dik Ajeng Ayutantri Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional
  • Joseph Dedy Irawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Smart bin, tempat sampah pintar, website, system monitoring, ESP8266, rumah kos, embedded, embedded system, IoT, Internet of Things, Smart Home, Arduino Uno, wifi module.

Abstract

Tempat sampah sangat penting terutama dalam kelengkapan untuk rumah kos. Ada beberapa rumah kos dimana menggunakan sistem pembuangan sampah dengan menyewa suatu karyawan untuk membuang sampah anak kos. Dalam hal ini, tempat sampah dapat dikembangkan menggunakan sistem teknologi Internet of Things (IoT) untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam kesehariannya.

Dari permasalahan tersebut, dapat dibuat teknologi IoT dengan suatu sistem yang dapat memberikan informasi mengenai isi kapasitas tempat sampah, sehingga memudahkan karyawan dalam pengecekan isi tempat sampah anak kos dengan system monitoring pada website. Selain itu, tempat sampah pintar dibekali dengan sensor kelembaban untuk mendeteksi apabila sampah yang lembab harus segera dibuang. Pengembangan sistem ini juga menambahkan sistem pendeteksi kebakaran sehingga apabila terdapat isi sampah yang mengandung gas seperti asap rokok, asap dari kertas yang dibakar, dan sejenisnya dapat diatasi segera dan meminimalisir kondisi kebakaran.

Hasil pengujian terhadap Sensor Ultrasonik untuk mendeteksi isi kapasitas sampah menunjukkan selisih terbesar yaitu 2 cm dengan presentase error 0,2% dan selisih terkecil yaitu 0cm dengan presentase error 0% dan rata-rata presentase error yaitu 0,13%. Sensor DHT22 menunjukkan selisih terbesar yaitu 6 dengan presentase error 10% dan selisih terkecil yaitu -2 dengan presentase error 2% dan rata-rata presentase error yaitu 3%, sedangkan Sensor MQ135 menunjukkan selisih terbesar 7ppm dengan presentase error 4,61% dan selisih terkecil 1ppm dengan presentase error 0,57% dimana rata-rata presentase error yaitu 2,28%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-27