KOMBINASI METODE FINITE STATE MACHINE DAN FUZZY PADA GAME ESCAPE FROM PUNK HAZARD

  • Bima Armedianto Putro Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Joseph Dedy Irawan Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Game 3D, Adventure, Escape From Punk Hazard, Finite State Machine, Unity3D

Abstract

Game merupakan salah satu media hiburan yang paling popular untuk semua kalangan usia. Sejak pertama kali ditemukan sampai saat sekarang, teknologi game telah mengalami kemajuan yang terbilang pesat. Hal ini ditandai dengan berkembangnya jenis game, produk, alat dan jenis interaksi game dengan penggunaan yang semakin beragam bentuknya. Game Escape From Punk Hazard adalah game 3 dimensi (3D) bergenre Adventure berbasis Android yang dibuat dengan game engine Unity dan menggabungkan metode Finite State Machine dan Fuzzy Logic untuk mengontrol NPC yang ada di dalam game.

Pada penelitian ini menggunakan gabungan metode Finite State Machine (FSM) dan metode Fuzzy Logic. Metode FSM ini diterapkan pada semua NPC yang ada didalam game. Sedangkan metode Fuzzy Logic diterapkan pada NPC Boss yang ada disetap levelnya.

Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, peneliti menggunakan 11 data responden dengan menggunakan system oprasi Android yang berbeda-beda pada tiap responden guna mendapatkan hasil pengujian yang baik. Hasil pengujian tersebut yaitu sebesar 100% responden menyukai game ini, 81.8% responden menyatakan bahwa control dan gameplay berjalan dengan lancar, dan sebanyak 90,9% responden menyatakan bahwa NPC pada game berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-27