PENERAPAN IOT (INTERNET OF THING) UNTUK SISTEM MONITORING JEMAAH MASJID SESUAI PROTOKOL KESEHATAN TERHADAP VIRUS COVID-19 BERBASIS ARDUINO

  • Andrew Janeananto Sanjaya Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Yosep Agus Pranoto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Febriana Santi Wahyuni Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang

Abstract

Dalam New Normal, aktivitas seperti beribadah di Masjid memiliki protokol kesehatan. Namun pada kenyatannya masih banyak Masjid yang belum menjalankan maupun kurang mematuhi protokol kesehatan. Hal ini tentu saja dapat berakibat fatal karena Masjid bisa menjadi salah satu tempat penyebaran COVID-19 jika protokol kesehatan tidak dijalankan dengan baik oleh para jemaah maupun para pengurus Masjid. Masjid bisa menjadi tempat penyebaran COVID-19 karena kurangnya kesadaran untuk menjaga jarak dan kurang menjaga kesehatan tubuh.

Atas masalah yang telah diuraikan maka sistem monitoring pada Masjid berbasis arduino dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kesadaran akan protokol kesehatan di dalam Masjid. Sistem ini dilengkapi dengan sensor jarak dan sensor suhu agar jemaah dapat terkontrol dalam menjaga jarak dan suhunya serta terdapat bilik disinfektan untuk menyeprotkan disinfektan kepada para jemaah.

Hasil dari penelitian ini berupa simulasi Masjid yang dilengkapi dengan sensor suhu yang memiliki tingkat keakuratan 98,82% dan jarak yang dapat bekerja dengan baik dengan tingkat keakuratan  93,33 % dan juga informasi berupa jumlah jemaah dan jarak shaf sholat yang dapat dilihat secara real time pada lcd dan web, serta saat jemaah masuk maka semportan disinfektan akan menyala dan jika masjid penuh maka pagar akan tertutup otomatis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-27