IMPLEMENTASI KOMBINASI METODE SAW DAN TOPSIS UNTUK SELEKSI BEASISWA KARTU INDONESIA PINTAR

  • Sintiya Rismayanti Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Suryo Adi Wibowo Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Yosep Agus Pranoto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang

Abstract

KIP (Kartu Indonesia Pintar) adalah program beasiswa berupa biaya pendidikan untuk calon mahasiswa yang tidak mampu, baik dari segi ekonomi atau biasa disebut dengan beasiswa bagi siswa yang kurang mampu, tidak dapat membiayai pendidikan di perguruan tinggi, serta beasiswa diperuntukkan bagi peserta didik yang berprestasi, baik akademis maupun non akademis.

Metode SAW (Simple Additive Weighting) atau biasa disebut penjumlahan berbobot yang mencari dari rating kerja dari setiap alternatif dan atributnya. Metode TOPSIS (Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution) berkonsep alternatif yang dipilih memiliki dua jarak yaitu jarak terdekat atau solusi ideal positif, dan jarak terjauh atau solusi ideal negatif. Kombinasi metode SAW dan TOPSIS digunakan untuk menentukan kelolosan beasiswa KIP, studi kasus Institut Teknologi Nasional Malang karena mudah dimengerti serta komputasi yang efesien dalam mengukur kinerja dari setiap alternatif.

Aplikasi yang digunakan untuk mendukung keputusan, bagi calon mahasiswa atau pendaftar beasiswa KIP berupa seleksi. Dari pengujian fungsional semua fitur berjalan sesuai fungsinya, serta dapat digunakan di beberapa browser/ browser berbeda-beda. Dari pengujian user menyatakan setuju  bahwa aplikasi mudah digunakan, tampilan yang jelas, menu aplikasi  terlihat jelas, mudah dipahami 87.5% setuju 12.5% sangat setuju, kurang setuju 0% dari 2 pengguna aplikasi yaitu admin LPMB Institut Teknologi Nasional Malang. Dari pengujian error didapatkan mulai 1 pertama sampai alternative 10, tingkat error adalah 0% dapat dikatakan dan disimpulkan bahwa program berjalan sempurna 100% tanpa error/sesuai perhitungan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-28