IMPLEMENTASI METODE K-MEANS CLUSTERING PADA TES PSIKOLOGI UNTUK MENENTUKAN KELOMPOK BELAJAR SISWA BERBASIS MOBILE

  • Reynaldo Ferdian Saputra Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Yosep Agus Pranoto Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Renaldi Primaswara P. Teknik Informatika, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Tes Psikologi, K-means clustering, mobile

Abstract

Penelitian ini merupakan tes psikologi yang ditujukan kepada siswa SMPK Alethia Malang berbasis mobile .Metode yang digunakan adalah K-Means Clustering untuk menentukan hasil dari tes berupa kelompok gaya belajar siswa seperti auditori, visual dan kinestetik. Kebutuhan pada produk skripsi yang dikembangkan mencakup fungsional dan nonfungsional.

Hasil dari aplikasi ini berupa output clustering siswa yang menampilkan kelompok gaya belajar. Produk mempunyai fitur-fitur berupa tes pengerjaan soal, menampilkan hasil atribut siswa dalam bentuk diagram, dan menampilkan hasil akhir clustering. Berdasarkan pengujian terhadap fitur-fitur tersebut seluruhnya telah berjalan dengan baik. Berdasarkan pengujian pengguna diketahui bahwa dari 11 data training didapatkan hasil 2 siswa cluster auditori, 1 siswa cluster visual, dan 8 siswa cluster kinestetik. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa produk dapat menampilkan hasil clustering dari seluruh siswa yang terdaftar pada aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-28